Keseruan Rudianto Tjen Dialog Bersama Pelajar SMA N 1 Manggar

FAKTABERITA, BELITUNG TIMUR — Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Ir. Rudianto Tjen terus mengedukasi para pelajar di Babel terkait literasi digital. Menurutnya, pelajar harus menguasai literasi digital agar dapat mengimbangi penguasaan teknologi dalam menelusuri informasi.

Dalam dialog dalam rangka reses di SMA Negeri 1 Manggar, Belitung Timur, Selasa pagi (9/1/2024), Rudi menekankan terhadap rekam jejak digital.

Menurut pria yang terkenal kedermawanannya itu, jejak digital atau postingan dalam media sosial seseorang di berbagai platform saat ini, akan merepresentasikan karakteristik seseorang tersebut.

“Sekarang posisi kita ada di zaman digital, dimana-mana saya cerita tentang jejak digital. Jadi urusan jejak digital ini sudah harus menjadi perhatian kita, kalau kita mulai bermain apa yang kita tulis, apa yang kita upload, baik di Facebook, Instagram, Tiktok, dan sebagainya, itu dilihat oleh masyarakat yang dinilai tentang diri kita,” kata Rudianto Tjen.

Tak hanya itu, jejak digital juga dikatakan Rudi, akan berdampak terhadap karir anak-anak muda kedepannya. Pasalnya, perusahan maupun lembaga pemerintahan akan mentracking atau menelusuri jejak digital calon karyawan atau pegawai.

“Dan sekarang ini jejak digital ini dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan, lembaga-lembaga pemerintah, di dalam merekrut calon karyawan. Untuk itu jejak digital menjadi perhatian. Itu sangat penting dan menentukan. Banyak teman-teman kita pintar secara teori dan praktek, tetapi gagalnya di dalam jejak digitalnya,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Rudi mengajak pelajar, umumnya generasi muda, untuk terus bijak dalam menggunakan media sosial.

“Untuk itu adik-adik semua, jejak digital ini menurut saya adalah suatu catatan diri kita yang bisa dihapus oleh siapapun, jadi kita bijaksanalah dalam pergaulan dalam menggunakan media sosial,” tegas Rudianto Tjen.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manggar, Beltim, Sabarudin mengapresiasi kegiatan dialogis kali ini.

Menurutnya, wawasan yang diberikan Rudianto Tjen kepada pelajat sangat relevan dengan kondisi era perkembangan zaman teknologi yang sudah sangat maju dan berkembang.

“Kami dari pihak sekolah merasa senang karena dalam kegiatan reses ini beliau memberikan motivasi sekaligus menjelaskan bagaimana dunia digital itu sangat penting,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *