Kolam Retensi Sungai Kampung Ulu Diharapkan Mampu Minimalisir Banjir di Muntok

  • Whatsapp

MUNTOK, FABERTA — Guna meminimalisir bencana banjir yang kerap terjadi saat musim penghujan di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan peletakan batu pertama sekaligus menandai peresmian kolam retensi di sungai Kampung Ulu kecamatan Muntok, Jumat (9/4).

Pantauan wartawan, Erzaldi hadir didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Bangka Belitung, Plh. Bupati Bangka Barat Muhammad Soleh, Wakil Ketua I DPRD Bangka Barat, Kepala Dinas PUPR Babar Suharli, Kapolres AKBP Fedriansah, Calon Bupati Bangka Barat terpilih H. Sukirman serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Erzaldi mengatakan pembangunan kolam retensi ini tidak serta merta meniadakan persoalan banjir di sekitaran kota Muntok tapi mengurangi potensi terjadinya banjir.

“Kita bangun retensi ini bukan berarti tak ada lagi banjir tapi mengurangi potensi banjir itu,” kata Erzaldi.

Menurutnya pembangunan kolam retensi menggunakan Sistem Panel Serbaguna (SPS) ini merupakan lanjutan kegiatan pengentasan banjir yang sebelumnya sudah diadakan pembangunan check dam di bukit Menumbing.

“Jadi ini adalah titik kedua sebagai tahanan air yang kedua setelah di hulu. Kalau semua sudah selesai baru kita melakukan pengerukan muara laut yang kini semakin dangkal,” tutupnya. (fth)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *